JNE Dorong UKM Melakukan bisnis Online


PT TIKI Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) mengadakan program ” JNE Ngajak On-line “. Program ini adalah seminar serta kursus untuk beberapa aktor usaha kecil menengah (UKM) agar bisa membuat product berkwalitas dan di pasarkan dengan luas, terlebih lewat akses on-line.

Program yang diadakan dalam rencana menyemarakkan hari ulang th. ke-27 JNE ini dikerjakan di 18 kota di Indonesia, satu diantaranya Manado.

” JNE Ngajak On-line ini bagaimana mengajak rekan-rekan UKM jual produknya lebih digital. Karna sampai kini umumnya mereka masih tetap (jual product dengan) manual, kami dorong mereka miliki website sendiri, ” kata Julianus Barthen Patinggi, Kepala Cabang JNE Manado, di Hotel Sahid Manado, Kamis (28/9/2017).

Di Manado, lanjut dia, banyak product hasil karya orang-orang setempat yang berkwalitas. Cuma, banyak produsen yang belum juga bisa memakai internet ataupun sosial media dengan maksimum.

Walau sebenarnya, kata Barthen, hal tersebut bisa mendongkrak penjualan. Maka dari itu, edukasi tentang perlunya akun digital serta kiat pemakaiannya mesti selalu diberi pada wiraswastawan.

” Program ‘JNE Ngajak Online’ diadakan untuk berikan pengetahuan lebih pada beberapa entrepreneur di Manado serta sekelilingnya, supaya usaha yang digerakkan setiap peserta bisa selalu berkembang dengan menggerakkan kiat penjualan serta pemasaran yang pas, ” kata Barthen.

Dia mengharapkan, sekitaran 30 % peserta seminar yang aktor UKM bisa memakai internet. Dengan hal tersebut, nanti juga punya pengaruh pada pendapatan yang di terima JNE.

” Th. 2015, kami sempat mengadakan seminar ini, serta ada entrepreneur kue klappertaart yang waktu itu cemas tidak dapat (usaha on-line karna tidak dapat) kirim kue basah. Siapa katakan? Kue nya dapat dikemas dengan vacuum, bubble wrap, dus, kami dapat siapkan gratis, ” kata Barthen.

Seminar ” JNE Ngajak On-line ” di Manado mendatangkan Wahyudi Mokoagow jadi yang memiliki website pasarmanado. co. id dan Afansah Sumigar jadi yang memiliki usaha knalpotmanado. com.

Terkecuali seminar, JNE juga mengadakan ” JNE Ngajak Ngirim “, yaitu program gratis biaya kirim yang berlaku sesudah acara seminar serta berlaku untuk paket semua pelanggan di 18 kota tempat terselenggaranya ” JNE Ngajak On-line ” dengan maksud Jakarta.

” JNE Ngajak On-line ” juga diadakan di Tanjung Pandan, Bengkulu, Sorong, Jayapura, Samarinda, Palangkaraya, Banda Aceh, Jambi, Bontang, Tarakan, Palu, Gorontalo, Ambon, Pangkal Pinang, Cilegon, Kupang, serta Mataram.