Bisnis UKM Yang Hasilnya Lebih Banyak


 

bisnis ukmMungkin anda sudah tidak asing lagi dengan istilah UKM ini. Ya, UKM merupakan kepanjangan dari Usaha Kecil Menengah. UKM merupakan istilah yang mengacu kepada jenis usaha kecil yang memiliki kekayaan bersih paling banyak 200 juta-an, tidak termasuk tanah dan bangunan tempat usaha.Usaha jenis ini biasanya berdiri sendiri.

Hal ini berarti bahwa usaha kecil menengah mengandung pengertian sebagai kegiatan ekonomi rakyat yang berskala kecil dengan bidang usaha yang secara mayoritas merupakan kegiatan usaha kecil dan perlu dilindungi untuk mencegah dari persaingan usaha yang tidak sehat.

Saat ini, bisnis UKM memang sangat digalakan oleh pemerintah. Roda perekonomian sebuah negara memang tidak akan lepas dari jenis usaha ini. Meskipun skalanya kecil, namun bisnin ini mampu menyerap tenaga kerja yang tidak sedikit. Masyarakat yang tadinya tidak memiliki penghasilan, dengan adanya usaha ini, maka masyarakat tersebut menjadi bisa produktif.

Bisnis UKM memiliki beberapa kriteria yang menjadi karakter atau ciri dasar sebuah UKM. Kriteria tersebut sebenarnya sudah diatur dalam sebuah undang – undang yang ditetapkan oleh pemerintah. Kriteria UKM yang dimaksud adalah sebagai berikut :

  1. Memilikim kekayaan bersih paling banyak 200 juta – an, tidak termasuk tanah dan bangunan usaha
  2. Memiliki hasil penjualan tahunan paling banyak satu milyar
  3. Berdiri sendiri, bukan merupakan anak perusahaan atau cabang perusahaan yang tidak dimiliki, dikuasai atau berafiliasi baik langsung maupun tidak langsung dengan usaha besar.
  4. Berbentuk usaha perseorangan, badan usaha yang tidak berbadan hukum atau badan usaha yang berbadan hukum.

Demikian beberapa hal yang berkaitan dengan bisnis UKM yang saat ini sedang mengalami peningkatan dalam hal kuantitas usahanya. Diperlukan dukungan penuh dari pemerintah agar usaha jenis ini bisa meningkat dari tahun ke tahunnya. Selain kuantitas usahanya, kualitas usahanya pun perlu ditingkatkan, agar usaha jenis ini mampu bersaing di dunia internasional.

Pemerintah berkewajiban membantu bisnis UKM ini mulai dari pengadaan modal, bahan baku hingga membantu dalam hal pelatihan usaha serta system pemasaran produk – produk yang dihasilkannya, agar para pelaku bisnis UKM ini tidak mengalami gangguan dari pihak – pihak yang sengaja memanfaatkan bisnis UKM ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *